Program Pendidikan Kreatif Kembangkan Keterampilan Kewirausahaan dan Kemandirian Finansial Siswa

1

Citi Peka dan Hope Worldwide Indonesia mengumumkan 10 guru aktivitas terbaik

Citi Success Fund 2010 (CSF)

Jakarta – Citi Success Fund mengumumkan 10 pemenang aktivitas terbaik CSF 2010 dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Denpasar. Keberhasilan mereka karena program yang dijalankan dirasakan mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa dan meningkatkan kemandirian keuangan pribadi.

Jumlah angkatan kerja di Indonesia terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik dalam Berita Resmi Statistik No. 33/05/Th.XIII, 10 Mei 2010, jumlah angkatan kerja pada bulan Februari 2010 mencapai 116 juta orang, atau bertambah 2,26 juta orang dibanding pada pada bulan Februari 2009 sebesar 113,74 juta orang. Keadaan ini menimbulkan kepedulian CSF untuk menyumbangkan sedikit perannya dalam bidang pendidikan khusunya SMA untuk meningkatkan jiwa wirausaha pada siswa.

Topik “Kewirausahaan dan kemandirian finansial dipilih sebagai tema tahun ini karena kami melihat potensi besar pengembangan pemahaman kewirausahaan dan kemandirian finansial dimulai dari lingkungan sekolah,” ujar Ditta Amahorseya, Director – Country Corporate Affairs Head, Citi Indonesia,

Tigor Sihaan, Country Business Manager Citi Indonesia mengatakan “Kami berharap agar guru yang terpilih menjadi yang terbaik untuk terus mengembangkan kreatifitasnya dan dapat menjadi panutan bagi guru lain dan juga bagi sekolah mereka sehingga dapat memelopori metode pendidikan yang inovatif, kreatif, dan inspiratif untuk dapat membangkitkan wirausahawan-wirausahawan baru di masa mendatang.”

CSF merupakan salah satu inisiatif kemasyarakatan Citi Indonesia di bawah naungan Citi Peka yang berkolaborasi dengan Yayasan Hope Indonesia untuk menyediakan bantuan finansial kepada guru-guru SMA dalam menyelenggarakan program pengajaran kreatif mereka. Setiap tahunnya CSF mendorong guru-guru SMA untuk berkreasi dalam membuat kegiatan pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan memberikan dana hibah untuk mewujudkan proposal kegiatan terpilih.

10 guru aktivitas terbaik Citi Success Fund 2010 telah terpilih setelah melalui seleksi dari 85 guru penerima dana untuk menerima hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 3.500.000,- + Laptop seharga 4.000.000,- bagi guru dan sebuah laptop seharga Rp. 7. 500.000,- bagi sekolah tempat guru mengajar.

Selain melalui situs interaktif www.aksiguru.org, program CSF juga dapat diakses melalui jejaring sosial, yaitu melalui Facebook (www.facebook.com/aksiguru) dan Twitter (@AksiGuru). Sejak diluncurkan tahun 2009, sarana-sarana online tersebut telah banyak membantu para guru dalam berbagi metode, materi dan ide mengajar yang dapat membantu siswa-siswi mereka menyerap materi pelajaran sekolah. Hingga kini, sebanyak 8.331 orang telah mengakses blog AksiGuru. Sementara itu, akun Facebook AksiGuru sendiri kini telah memiliki 1.465 fans.

###

Tentang Citi

Citi, perusahaan finansial terkemuka di dunia, memiliki sekitar 200 juta nasabah dan memiliki transaksi bisnis di lebih dari 160 negara dan yurisdiksi. Citi menawarkan beragam produk dan layanan finansial kepada konsumen, korporasi, pemerintahan dan institusi. Produk-produk tersebut, mencakup perbankan ritel dan kredit, perbankan korporasi dan investasi, perdagangan sekuritas, jasa transaksi, serta wealth management. Informasi lengkap dapat diperoleh di www.citigroup.com.

Citi Foundation berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan ekonomi dan layanan perbankan yang terjangkau bagi individu dan keluarga yang membutuhkan, yang berada pada komunitas dimana kami bekerja sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Secara global, tujuan Citi foundation adalah untuk memfokuskan pemberian dana pada beberapa bidang: keuangan mikro, pengembangan usaha, pendidikan bagi generasi muda dan mata pencaharian, serta kemampuan finansial dan pengembangan aset. Citi Foundation bekerjasama dengan beberapa partner dalam keungan mikro dan pengembangan usaha untuk mendukung berbagai program lingkungan dan inovasi. Informasi lengkap dapat diperoleh di www.citifoundation.com.

Tentang Hope Worldwide Indonesia

Hope Worldwide Indonesia merupakan afiliasi dari HOPE Worldwide, sebuah organisasi non-pemerintah (NGO) yang bersifat internasional. Organisasi ini melayani 1 juta publik per tahun di negara-negara berkembang seperti India, Kamboja, Rusia, Afganistan, Afrika Selatan, Nigeria, Filipina, Meksiko, Jamaika, Pakistan, Guatemala, Honduras, Bulgaria, Hongaria, serta negara-negara maju seperti Inggris, Singapura, Hongkong, USA, Kanada dan Australia. Hingga saat ini, terdapat 13 Center of HOPE di Indonesia yang melayani lebih dari 300,000 tiap tahun dan didukung oleh 60 karyawan tetap serta lebih dari 7.000 relawan. Sejak tahun pembentukannya pada 1994, HOPE worldwide Indonesia tetap berkomitmen membawa harapan serta mengubah kehidupan. Hope terbuka untuk bekerjasama dengan organisasi maupun individu yang memiliki visi yang sama.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Ditta Amahorseya

Director

Country Corporate Affairs Head

Citi Indonesia

Tel: (021) 5290-8327

Fax: (021) 5290-8303

ditta.amahorseya@citi.com

Charles Ham

Country Director

Hope Worldwide Indonesia

Tel: (021) 639-9266

Fax: (021) 601-0570

charles_ham@hopeww.org

Citi Success Fund 2010

Dukungan  finansial bagi guru SMA

Dalam mewujudkan  kreatifitasnya

Citi Success Fund (CSF) memberikan dana bagi guru SMA dalam mengembangkan aktivitas belajar mengajar yang kreatif dan menyenangkan bagi siswa. Program ini dilaksanakan oleh Hope worldwide Indonesia dan Citi Peka. CSF ini didanai oleh Citi Foundation.

CSF 2010 telah memilih 10 guru yang dinilai telah mengimplementasikan programnya dengan baik dan mendapatkan hadiah berupa cek sebesar Rp. 3.500.000,- + Laptop seharga 4.000.000,- bagi guru dan sebuah laptop seharga Rp. 7. 500.000,- bagi sekolah dimana guru tersebut mengajar.

Adapun 10 pemenang aktivitas terbaik csf 2010 adalah sbb :

1. Rulan Kis Rianto, SMA Jubilee Jakarta.

“Video Musik Fisika”

Video musik Fisika dibuat dengan tampilan video gambar berupa aksi para siswa dalam memperagakan materi pelajaran Fisika dengan menyanyikan lagu2 yang liriknya tentu berkaitan dengan fisika.

2. Dra. Sri Wahyuni, SMA Labschool Jakarta

“Amazing drink”

Keterampilan membuat minuman sehat yoghurt serta cara pemasarannya. Para siswa secara bergilir membuat dan memasarkan yoghurt.

3. Dra. Lusye St. S, SMAN 25 Bandung

“Pundi Tataboga Gaya Hidup Masa Depanku”

Pelajaran tata boga di SMAN 25 bertujuan untuk membantu siswa yang tidak dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Para siswa dilatih untuk menabung dan hasilnya digunakan sebagai modal usaha membuat produk sesuai kemapuan siswa

4. Tina Hendayani, SMAN 13 Bandung

“Sisa Uang Jadi Uang Saku Tambahan”

Banyak siswa yang mendapat uang saku bulanan namun belum dapat mengelolanya dengan biak. Dalam kegiatan ini para siswa  diajarkan cara mencatat segala pengeluaran dan dilatih untuk mengelola uang melalui usaha penjualan pulsa disekolah.

5. Drs. Sukaryana, SMA Institu Indonesia Semarang

“Dari Kain Perca Menuju Trend Dunia”

Kain perca diubah menjadi busana dan tas yang trendi bagi remaja masa kini lalu diadakan peragaan busana hasil dari kain perca tersebut. Siswa aktif dalam kegiatan mulai dari proses produksi, peragan busana, pengelolaan acara dan pemasaran.

6. Yustina Nunung S, S. Pd., SMA Sint Louis Semarang.

“Rambut Sehat, Wajah Segar”

Remaja suka tampil rapi dan menarik. Melihat peluang tersebut para siswa dilatih keterampilan dalam hal memotong rambut dan facial. Sebagai tempat praktek dibukalah sebuah salon di sekolah sebagai kegiatan wirausaha dari keterampilan yang sudah diajarkan

7. Shofi Ambari, S Pd, SMA Wijaya Putra Surabaya

“Kedai Aloevera”

Para siswa mengola aloevera menjadi bahan makanan siap saji yang sehat

seperti bakso aloevera, klepon aloevera dan nata de alovera. Para siswa menyususun srategi pemasaran dan bergantian menjalankan progam ini.

8. Drs. Samsudin, MM, SMAN 5 Surabaya

“Financial Integrity PT. ISI SAKUKU

Kegiatan ini diawali dengan menjelaskan perihal kewirausahaan dan keuntungan bagi siswa. Setelah itu para siswa melakukan SWOT analisis dan menyusun panitia untuk membuat proposal bisnis, penyusunan kerjasama, penjualan saham dan rapat umum pemegang saham.

9. Eni Muliawati, M Pd, SMAN 1 Galang.

“Matematikaku Harapan Masa Depanku”

Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan diberi masalah tentang penerapan matematika program linier dengan menentukan wirausaha yang dipilih untuk mengelola lahan berdasarkan modal yang tersedia. Jenis usaha yang dipilih harus berbasis lingkungan dan memperhatikan pangsa pasar.

10. I Gusti Agung Widnyana, S Pd, SMAN 1 Sidemen Bali

“Penerapan Kewirausahaan Terpadu dengan Rontal”

Rontal merupakan bahan yang dapat dibentuk menjadi macam-macam produk bermanfaat yang dapat dipasarkan secara umum. Kewirausahaan terpadu seperti ini tentunya dapat membantu mencegah pengangguran bagi lulusan SMA sekaligus mendukung pembelajaran ekonomi.

3 komentar to “Program Pendidikan Kreatif Kembangkan Keterampilan Kewirausahaan dan Kemandirian Finansial Siswa”

  1. irawansah says:

    seLamat ntuk Buk Eni…
    smoGa mkin sUkses..
    kami baNgga sbagai fans matem
    atika




  2. Mariana Nugrohowati says:

    Selamat buat para pemenang…..




  3. kasmanto says:

    Selamat bagi pemenang semoga bisa dirasakan manfaatnya bagi kita semua, do’akan aku beserta murudku mengikuti jejakmu, dengan keahlian yang lain. amiin

    by SMKN 7 Jkt kas_




Tinggalkan balasan