Oleh : Gita Lestarini Rachayu S Pd
SMA Negeri 2 – Depok
Salah satu dari 10 Ringkasan Program Terbaik
Citi Success Fund 2005
Pendahuluan
Ragam perubahan sosial menjadi tantangan yang harus di hadapi para murid dalam menuntut ilmu, membentuk jati diri serta mengasah kepekaan terhadap lingkungan dan budaya sekitarnya penetapan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional mendorong siswa untuk terus meningkatakan diri dalam menghadapi arus globalisasi. Tidak dipungkiri terdapat kendala–kendala pemakaian bahasa Inggris dalam pelajaran IPA, khususnya Biologi. Hai ini di karenakan adanya pemahaman bahwa belajar Biologi dengan bahasa Indonesia saja sudah cukup.
Penerapan Biologi terbaru dapat diakses dengan cepat melalui internet sedangkan bahasa pengantar adalah bahasa Inggris, selain itu buku–buku Biologi masih banyak yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jika hal ini dibiarkan terus menerus siswa tidak akan maju. Oleh karena itu melalui kegiatan ini dirancang untuk membantu siswa menghadapi hambatan tersebut, salah satu cara memudahkan belajar Biologi dengan menggunakan Bahasa Inggris adalah dalam bentuk permainan “ Bio Fun Games “
Tujuan
- Membantu siswa belajar Biologi dengan menggunakan Bahasa Inggris secara menyenangkan
- Meningkatkan kreativitas siswa
- Menemukan kegairahan belajar
- Mendorong siswa menemukan cara-cara belajar baru yang sesuai dengan dirinya.
Pelaksanaan program
Pertama–tama siswa dibantu oleh Guru merancang bentuk–bentuk permainan yang menarik minat belajar siswa, materi pelajaran yang dimasukkan dalam permainan adalah materi yang dianggap cukup sulit. Siswa mencari bahan materi dari buku–buku, internet dan juga mengunjungi LIPI pusat penelitian Biologi Cibinong pada tgl 22 November 2005.
Selanjutnya siswa memasukkan data–data dari bahan materi pelajaran, dengan terlebih dahulu menterjemahkan bahan materi ke dalam bahasa Inggris dengan bantuan kamus dan guru, ke dalam bentuk permainan dengan menggunakan bantuan komputer dan pada tgl 24 desember 2005 diadakan peluncuran permainan yang telah selesai diuji coba permainan oleh siswa. Adapun hasilnya antara lain berupa Snake and Ladder, Animal Words dan Bio Adventure Game. Permaianan ini sangat digemari siswa karena mereka bisa belajar sambil bermain.
Hasil yang diharapkan
Melalui kegiatan ini mampu menarik minat belajar siswa dan meningkatkan kreativitasnya dalam bidang Biologi dan bahasa Inggris.